Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Soto Sokaraja

Resep dan Cara Membuat Soto Sokaraja. Dari kemarin aku sibuk banget browsing, nyari-nyari inspirasi buat persiapan arisan Sabtu depan. Pengennya sih, bikin sesuatu yang beda biar nggak itu-itu mulu. Kalau pesen yang sudah jadi memang enak sih dan nggak repot, tapi jadi nggak kreatif. Betul nggak ibu-ibu?
Nah akhirnya aku nemu nih Resep Soto Sokaraja. Kebetulan banyak banget sumber yang aku baca, kurang lebih yang aku praktekan dan hasilnya memuaskan begini nih:

Resep Soto Sokaraja

nyari inspirasi buat persiapan arisan Sabtu depan Resep Soto Sokaraja

Bahan Soto Sokaraja:

  • 1 ekor ayam (ayam kampong lebih enak)
  • 250 gr tauge
  • 250 gr soun
  • 2 ruas jari jahe
  • 2½ liter air
  • 4 lembar daun salam
  • 4 ruas jari lengkuas
  • 1 sdm garam secukupnya
  • Minyak untuk menumis
  • Bumbu:
  • 10 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1 batang seledri
  • 1 ruas jari kunyit
  • 5 butir kemiri, disangrai
  • ½ sdt merica bubuk

Bahan Pelengkap Soto Sokaraja:

  • Bawang goreng
  • Irisan daun bawang
  • Irisan seledri
  • Kerupuk warna-warni
  • Sambal kacang:
  • 250 gr kacang tanah goreng, haluskan
  • 3 sdm bawang merah goreng
  • 8 cabe rawit
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm gula merah
  • 1 sdm air asam

Cara membuat Soto Sokaraja:

  1. Rebus air hingga mendidih kemudian masukkan ayam, daun salam, lengkuas, jahe digeprak, dan garam. Rebus hingga ayam matang, kemudian angkat dan goreng hingga kuning kecokelatan. Tiriskan kemudian suwir-suwir.
  2. Haluskan semua bumbu, tumis dengan sedikit minyak goreng. Setelah harum masukkan ke dalam kaldu kaldu ayam bekas merebus ayam sebelumnya.
  3. Siapkan sambal Soto Sokaraja dengan menghaluskan semua bahan sambal kecuali gula merah, kacang tanah yang sudah dihaluskan dan air asam, kemudian tumis dengan minyak secukupnya hingga harum. Tambahkan sisa bahan sambal dan masak sambil diaduk-aduk agar tercampur merata, angkat. Tuang sedikit air, aduk-aduk lagi hingga tercampur rata.
  4. Sedu soun dengan air panas sampai soun tidak keras lagi, tiriskan. Rebus tauge dalam air mendidik kurang lebih 2 menit, angkat, tiriskan.
  5. Siapkan mangkuk saji kemudian tata soun, tauge, ayam suwir, daun bawang, seledri kemudian tuangkan kuah soto di atasnya. Tambahkan kerupuk warna-warni yang diremas supaya agak remuk, beri taburan bawang goreng dan sambal khas Soto Sokaraja.
Nah sudah deh, Soto Sokaraja buatanku siap disantap. Karena aku dirumah masak sendiri, jadi sebelum arisan dimulai sotonya sudah aku racik dulu di mangkuk sesuai jumlah peserta arisan, nah nanti setelah tiba saatnya makan tinggal dituang kuah soto plus bawang goreng dan sambalnya. Bagitulah share kali ini tentang Resep Soto Sokaraja. Mudah-mudahan bisa dipraktekan ya. Gampang kok! Happy cooking day!

Posting Komentar untuk "Resep Soto Sokaraja"