Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Rawon Daging Spesial BIKIN KETAGIHANNNN!

Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya makin ketagihan. Ini yang terjadi saat berkenalan dengan kelezatan Rawon Daging Spesial. Gurih dan aroma khas daging sapi yang berbalur bumbu kental dari kluwek ini benar-benar membuat ketagihan. Tapi karena ini merupakan masakan khas Jawa Timur, jadi susah deh nemuin menu ini. Satu-satunya cara biar bisa menikmati menu ini adalah dengan memasaknya sendiri.

Setelah melalu berkali-kali gagal, akhirnya ketemu nih resep dengan takaran yang menghasilkan citarasa Rawon dapur sendiri yang nggak kalah sama yang pertama aku makan waktu ke Surabaya. Nikmaaatt…. Polll! Biar lebih bermanfaat, aku share deh resepnya di sini siapa tahu moms ada yang lagi ketagihan juga kayak aku! He he… kita langsung aja yuk:

Resep Rawon Daging Spesial

 Ini yang terjadi saat berkenalan dengan kelezatan  Resep Rawon Daging Spesial BIKIN KETAGIHANNNN!

 

Bahan-bahan Rawon Daging Spesial:

  • 500 gr daging sapi, potong-potong sesuai selera
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 lt air
  • 2 lembar daun salam
  • 3 sdm minyak untuk menumis
  • 3 batang serai, digeprak
  • 3 cm lengkuas, geprak.

Bumbu Rawon Daging Spesial:

  • 4 buah cabai merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 sdt garam
  • 5 siung bawang merah
  • 4 buah kluwek, kukus ambil isinya
  • 2 cm jahe
  • 2 butir kemiri

Bahan Pelengkap Rawon Daging Spesial:

  • 2 tangkai daun bawang, iris halus
  • Sambal terasi matang
  • 100 gr tauge
  • Kerupuk udang
  • Telur asin

Cara membuat Rawon Daging Spesial:

  1. Rebus daging dengan ditambah lengkua, daun salam, serai, dan daun jeruk hingga daging empuk lalu angkat.
  2. Tiriskan daging lalu potong kecil-kecil.
  3. Saring air rebusan daging, lalu rebus lagi bersama daging yang sudah dipotong kecil-kecil.
  4. Haluskan semua bumbu yang sudah disiapkan kemudian tumis hingga harum lalu angkat.
  5. Setelah rebusan daging mendidih, masukkan bumbu yang sudah ditumis, tambahkan garam dan gula lalu aduk hingga benar-benar matang.
  6. Rawon daging special siap dihidangkan bersama pelengkap.

Waktu pertama liat warna daging rawon yang hitam ini, aku kurang begitu suka. Apalagi kelihatan bumbunya yang kental hitam juga,uuhh…. Attuuttt!! Tapi begitu dimakan, wow bangets rasanya. Yah memang penampilan kadang menipu, rasanya yahuut banget! Kapanpun aku ke Surabaya, ini wajib nih diagendakan! Sementara belum ke Surabaya, ini dulu nih Resep Rawon Daging Spesial yang akan jadi andalanku. Oke moms, ayuk kita coba!!

Posting Komentar untuk "Resep Rawon Daging Spesial BIKIN KETAGIHANNNN!"