Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Pilihan Serba Kurma Spesial Ramadhan ENAAAK HALALLL!

Kurma dan Ramadhan, apa hubungannya? Memang sih nggak harus nunggu Ramadhan kalau mau makan kurma, tapi kalau bulan Ramadhan keberadaan kurma menjadi lebih populer dan kebih banyak dicari orang. Nggak heran sih moms, selain rasa manisnya yang memanjakan lidah, kurma juga punya banyak manfaat. Nah bicara tentang kurma, aku punya beberapa catatan resep serba kurma spesial ramadhan nih moms. Jadi kurma tidak hanya dimakan begitu saja, tapi bisa dikreasikan agar lebih menarik dan tentunya lebih menggugah selera. Ciee….ciee…

Bicara tentang selera, pastinya masing-masing orang punya selera masing-masing ya moms. Begitu juga dalam hal memasak, tentunya moms semua punya selera tersendiri dalam menyajikan suatu menu. Jadi saat moms mengujicoba resep yang akan aku share berikut ini, moms silahkan sesuaikan dengan selera mom sendiri ya biar pas asal jangan merubah inti resepnya aja. Okeh deh langsung ajah kita mulai dengan resep pertamanya berikut ini:

Resep Puding kurma susu


 Memang sih nggak harus nunggu Ramadhan kalau mau makan kurma Resep Pilihan Serba Kurma Spesial Ramadhan ENAAAK HALALLL!


Bahan-bahan Puding kurma susu :
  • 2 bungkus agar-agar putih 
  • 500 ml susu cair 
  • 230 gr gula pasir 
  • 3 putih telur 
  • 50 gr whipping cream 
  • 150 gr kurma, buang bijinya dan potong-potong Beberapa buah kurma utuh untuk topping
Cara membuat Puding kurma susu:
  1. Campurkan agar-agar dengan 200 gr gula pasir dalam panci, tuang susu cair lalu aduk hingga tercampur rata. 
  2. Nyalakan api, didihkan campuran di atas sambil terus diaduk-aduk sampai mendidih. Sisihkan. 
  3. Kocok putih telur hingga setengah mengembang, tambahkan sisa gula pasir. Kocok lagi hingga kaku. 
  4. Tuangkan larutan agar-agar yang sudah direbus ke dalam kocokan telur sambil dikocok hingga tercampur rata. 
  5. Masukkan potongan kurma, aduk lagi hingga tercampur merata. 
  6. Tuang adonan puding dalam cetakan lalu dinginkan hingga membeku. 
  7. Keluarkan dari cetakan, hias dengan whipping cream dan kurma di atasnya.

Resep Pancake Kurma Spesial

 Memang sih nggak harus nunggu Ramadhan kalau mau makan kurma Resep Pilihan Serba Kurma Spesial Ramadhan ENAAAK HALALLL!

Bahan-bahan Pancake Kurma Spesial:
  • 250 gr tepung terigu protein sedang 
  • 100 gr kurma tanpa biji 
  • 50 gr kurma tanpa biji cincang kasar 
  • 200 ml susu cair 
  • 3 butir telur 
  • ½ sdt baking powder 
  • ½ sdt baking soda 
  • 3 sdm margarin cair 
Cara membuat Pancake Kurma Spesial:
  1. Blender 100 gr kurma dengan susu cair, sisihkan. 
  2. Campurkan tepung terigu dengan baking powder dan baking soda dalam mangkuk besar, lalu buat lubang di tengahnya. 
  3. Tuangkan campuran susu dan kurma, masukkan juga telur, lalu aduk rata atau bisa pakai mixer dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata. 
  4. Masukkan margarin cair, aduk lagi. 
  5. Masukkan cincangan kurma, aduk hingga tercampur rata. 
  6. Panaskan pan datar anti lengket, oles dengan sedikit margarin. 
  7. Tuang 1 sendok sayur adonan, jika bagian bawah sudah berwarna coklat berarti adonan siap dibalik. Lakukan hingga semua adonan habis. 
  8. Tumpuk pancake di atas piring saji, lalu hias dan sajikan sesuai selera selagi hangat.

Resep Cake Kurma Panggang

 Memang sih nggak harus nunggu Ramadhan kalau mau makan kurma Resep Pilihan Serba Kurma Spesial Ramadhan ENAAAK HALALLL!

Bahan-bahan Cake Kurma Panggang:
  • 125 gr mentega 
  • 100 gr mentega 
  • 200 gr gula pasir 
  • 4 butir telur 
  • 200 gr kurma tanpa biji, potong-potong 
  • 225 gr tepung terigu 
  • 100 gr gula pasir 
  • 1 sdt baking powder 
  • ½ sdt soda kue 
Cara membuat Cake Kurma Panggang:
  1. Pisahkan kuning telur dan putih telur dalam wadah terpisah. 
  2. Ayak bersama tepung terigu, baking powder dan soda kue, sisihkan. 
  3. Kocok mentega dan margarin bersama gula pasir hingga lembut. 
  4. Masukkan kuning telur satu persatu sambil terus dikocok rata. 
  5. Masukkan campuran terigu, aduk rata. 
  6. Kocok putih telur hingga kaku, masukkan ke dalam adonan kue lalu aduk rata. 
  7. Masukkan kurma yang sudah dipotong-potong, aduk rata. 
  8. Siapkan loyang yang sudah dioles dengan margarin dan taburi sedikit tepung terigu. 
  9. Tuang adonan kue ke dalam loyang, ratakan. 
  10. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya hingga matang. 
  11. Angkat lalu dinginkan. Cake kurma siap dihias dan dihidangkan.

Resep Smoothie Kurma alpukat

 Memang sih nggak harus nunggu Ramadhan kalau mau makan kurma Resep Pilihan Serba Kurma Spesial Ramadhan ENAAAK HALALLL!

Bahan-bahan Smoothie Kurma alpukat:
  • 10 buah kurma tanpa biji 
  • 250 ml susu cair dingin 
  • 75 ml madu 
  • ½ buah alpukan, ambil daging buahnya 
Cara membuat Smoothie Kurma alpukat:
  1. Masukkan kurma, alpukat, madu, serta susu cair ke dalam blender. 
  2. Blender hingga semuanya halus. 
  3. Tuang dalam gelas saji. 
  4. Smoothie kurma dan alpukat siap dinikmati.
Wah, jadi kebayang deh sensasi manisnya resep kurma di atas. Pasti moms semua dah nggak sabar nih pengin nyoba bikin. Silahkan deh dicatet resepnya, biar moms bisa cepet-cepet share hasilnya sama yang lain. Kalau ada ide seputar resep pilihan serba kurma, pertanyaan atau saran bisa langsung disampaikan pada kolom komentar di bawah ya moms. Selamat mencoba, semoga keluarga moms menyukainya.

Posting Komentar untuk "Resep Pilihan Serba Kurma Spesial Ramadhan ENAAAK HALALLL!"