Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Nasi Hainan Rice Cooker GURIH DAN ENAK POOOLLLL!

Nasi, nasi dan nasi. Entah kenapa akhir-akhir ini agak kurang berselera dengan nasi, mungkin karena nasi disajikan gitu-gitu aja kali ya? Daripada Cuma ngeluh dan berceloteh nggak jelas, akhirnya ngerumpi deh sama mbah google, hiks hiks! Akhirnya nemu deh ide membuat staple food Indonesia yang satu ini agar lebih menggoda untuk disantap: nasi hainan. Nah berhubung aku orangnya kurang suka yang ribet-ribet, aku modifikasi menjadi resep nasi hainan rice cooker yang gurih dan enak poooolllll!

Cara Membuat Nasi Hainan Rice Cooker

akhir ini agak kurang berselera dengan nasi Resep Nasi Hainan Rice Cooker GURIH DAN ENAK POOOLLLL!

Bahan-bahan Resep Nasi Hainan Rice Cooker:
  • 1 ekor ayam kampung, potong-potong dan bersihkan.
  • 200 ml air hangat (untuk merebus ayam)
  • Margarin untuk menumis ayam
  • 1 lt beras
  • Air panas untuk menanak nasi
  • 2 cm jahe diparut
  • 3 sdm minyak
  • 1 sdm garam (sesuai selera)
  • 1 sdt merica
  • 8 siung bawang putih cincang halus
Cara memasak Resep Nasi Hainan Rice Cooker:
  1. Haluskan bawang putih bersama jahe yang sudah diparut, kemudian tumis dengan mentega hingga harum.
  2. Masukkan potongan ayam ke dalam tumisan bumbu, aduk-aduk hingga ayam berubah warna dan tercampur rata dengan bumbu.
  3. Masukkan 200 ml air, kemudian tutup dan masak selama kurang lebih 15 menit lalu angkat dan diamkan sekitar 10 menit.
  4. Siapkan rice cooker lalu masukkan beras dan ayam yang sudah ditumis beserta bumbunya ke dalam rice cooker.
  5. Tuangkan air panas kedalam rice cooker secukupnya sesuai dengan ukuran yang biasa dipakai saat moms menanak nasi sehari-hari.
  6. Tambahkan merica dan minyak wijen lalu aduk hingga tercampur rata.
  7. Tutup dan tekan tombol cook untuk mulai memasak, jangan lupa pastikan rice cookernya dinyalakan dulu ya moms. He he …
  8. Setelah matang buka tutup rice cooker, aduk nasi lalu tutup kembali untuk mendapatkan tekstur nasi yang pulen dan kesat.
  9. Nasi hainan siap disajikan.
Gimana moms, tertarik nggak dengan Resep Nasi Hainan ini? Rasanya bikin ketagihan deh, apalagi kalau disajikan dengan pelengkap kayak ayam rebus atau ayam panggang. Hmmm… susah diungkapin deh nikmatnya. Asal jangan disajikan tiap hari deh moms, karena makan enak yang bertubitubi kayak gini nih (pukulan kali bertubi-tubi) nggak baik untuk kesehatan. Setuju moms? Sesekali aja biar nggak monoton, jadi lemak kita terkendali! He he … happy cooking moms!

Posting Komentar untuk "Resep Nasi Hainan Rice Cooker GURIH DAN ENAK POOOLLLL!"