Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep dan Cara Membuat Dendeng Balado

Resep dan Cara Membuat Dendeng Balado. Sudah sore begini tiupan anginnya malah makin kenceng, membuat tubuhku rasanya merinding kaya orang meriang. Kalau nggak segera diangetkan bisa masuk angina nih. Mandingan bikin wedang anget deh biar enakan. Eh iya jadi inget, aku kan belum masak buat nanti malam. Kebetulan malam nanti mau ada tamu, jadi harus masak yang agak beda nih. Hmm… buka kulkas ada daging sapi nih. Enaknya dibuat apa ya? Eh liat di tv ada mie instant rasa dendeng balado, jadi terinspirasi nih.
Kebetulan tamunya juga suka pedes, kayanya pas nih Resep Dendeng Balado untuk menu malam nanti. Ya sudah harus segera disiapin nih bahan dan bumbunya.

Resep Dendeng Balado

Bahan Dendeng Balado :


  • 1 kg daging khas dalam (daging gandik juga boleh)
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya untuk merebus
  • Minyak goreng
  • Sebelumnya, siapkan bumbu rendam dulu nih:
  • 6 siung bawang putih
  • Air jeruk nipis (dari 5-6 buah jeruk nipis)
  • 1 sdm merica
  • Garam dan gula secukupnya
  • 1 sdt ketumbar
  • (bawang putih, ketumbar dan merica dihaluskan terlebih dahulu)
  • 1½ gelas air putih (kurang lebih 250-300 ml air)

Bumbu Dendeng Balado:


  • 15 buah cabe merahdipotong kasar
  • 8 siung bawang merah
  • 1 buah tomat ukuran sedang
  • Air jeruk nipis
  • Garam dan gula secukupnya
  • ½ sdt merica bubuk
  • Minyak

Cara membuat Dendeng Balado

  1. Rebus air hingga mendidih kemudian masukkan daging sapi, rebus hingga daging hampir matang di atas api kecil. Jangan lupa tambahkan garam secukupnya.
  2. Setelah daging ¾ matang, angkat dan tiriskan. Ambil 100 ml kaldu / air rebusan daging untuk menumis bumbu balado.
  3. Iris tipis daging yang sudah direbus kurang lebih setebal 1 cm kemudian dipukul-pukul dan rendam dalam bumbu rendaman sekitar setengah jam hingga bumbu meresap.
  4. Panaskan minyak yang banyak untuk menggoreng daging yang sudah direndam hingga kering kemudian angkat dan tiriskan.
  5. Tumbuk kasar cabe, bawang merah dan tomat, kemudian tumis dengan minyak goreng secukupnya bersama merica, garam, gula dan air jeruk nipis secukupnya hingga matang dan harum kemudian siram dengan air kaldu. Masak hingga bumbu mengental (airnya tinggal sedikit), angkat.
  6. Siapkan daging dendeng di atas piring saji, siram dengan bumbu balado.
Wah wah, aromanya saja sudak bikin perut manggil nih, apalagi rasanya. Resep Dendeng Balado ini memang pas banget buat keluargaku yang pecinta makanan pedes. Mudah-mudahan anda juga suka ya. Kalau kurang tahan dengan pedes, sesuaikan aja jumlah cabenya ya, dan jangan lupa buang bijinya agar rasa pedesnya berkurang. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Resep dan Cara Membuat Dendeng Balado"