Resep Cara Membuat Cireng Renyah Kenyal dan Tidak Alot


Cireng atau singkatan dari aci di goreng, merupakan jajanan yang terbuat dari bahan dasar aci atau tepung pati. Banyak yang mengatakan bahwa cireng berasal dari daerah Jawa Barat. Di Jawa Barat terutama daerah Bandung memang terkenal dengan jajanan jajanan unik seperti cireng (aci digoreng), cilok (aci dicolok), batagor (bakso tahu goreng), siomay atau bakso tahu, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya dan resep serta cara membuatnya bisa dibaca pada artikel Cara Membuat Cilok, Cara Membuat Batagor, Cara Membuat Siomay Ikan.
Kalau di daerah Tegal ada yang namanya Tahu Aci yaitu aci yang diberi tahu kemudian digoreng, biasanya tahu aci mudah ditemui di terminal Tegal dan sekitarnya. Ketika kita naik bis dan berhenti di Tegal, pasti banyak penjual penjual tahu aci. Berbeda dengan tahu aci, cireng hanya aci saja, tidak ada tahunya dan rasanya juga lebih kenyal. Ada cireng yang berbentuk bulat sepertu bakso, ada yang berbentuk bulat pipih tipis. Kalau cireng biasanya mudah ditemui di penjual penjual gorengan khususnya di daerah Jawa Barat dan sekitarnya. Penjual gorengan seperti tempe goreng tepung, bakwan, tahu isi, biasanya menjual cireng juga. Cireng rasanya gurih asin dan kenyal karena terbuat dari aci. Pada umumnya cireng dijual dengan harga mulai dari Rp 500, atau ada juga yang menjual Rp 2.000 dapat tiga.
Nah untuk kali ini kita akan bersama-sama membuat cireng alias aci digoreng. Apa saja bahan bahannya dan bagaimana cara membuatnya? Yuk langsung saja kita simak yang berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung aci / tepung pati / tepung pati / tepung kanji (gunakan tepung aci berkualitas dan tidak bau apek, ini sangat)
  • 1 sendok makan tepung terigu
  • 2 batang daun bawang, iris tipis tipis halus
  • 2 batang seledri, iris tipis tipis halus
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh penyedap rasa
  • 250 ml santan segar
  • Minyak goreng

Cara Membuat Cireng:
  1. Iris tipis bawang putih, cincang halus, lalu tumis hingga harum
  2. Masukkan tepung aci pada wadah atau baskom
  3. Masukkan tepung terigu, merica, garam, penyedap rasa, daun bawang, seledri, dan tumisan bawang putih, aduk hingga rata
  4. Masukkan santan, lalu aduk dan uleni hingga benar-benar rata
  5. Ambil adonan sesuai selera besarnya, bentuk bulat-bulat pipih. Lakukan hingga semua adonan habis
  6. Goreng dengan api kecil, karena jika api besar akan mengakibatkan gosong
  7. Setelah matang, angkat lalu tiriskan
Sajikan cireng dengan saus cabai atau saus asam.

Demikian langkah langkah cara membuat cireng yang renyah dan kenyal serta tidak alot.
Selamat mencoba ya..

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »