Resep Cara Membuat Rendang Daging Sapi Empuk & Tidak Alot

Rendang daging sapi merupakan salah satu makanan favorit yang paling sering dicari banyak orang ketika makan di restoran atau warung makan seperti Rumah Makan Padang dan sebagainya. Karena rasanya enak dan lezat, harganya pun tidak terlalu mahal.
Rendang daging sapi juga sering digunakan pada acara acara tertentu seperti hajatan pernikahan atau acara acara resmi seperti rapat dan sebagainya.
Selain daging kambing, daging sapi juga marak dan populer pada saat hari raya idul adha, karena hampir di setiap daerah sekarang banyak yang qurban sapi. Oleh karena itu di setiap hari raya idul adha orang orang pada mendapatkan daging sapi. Mungkin kalau daging kambing kambing gampang, kita tinggal bikin sate aja sudah. Tetapi kalau daging sapi rasanya kurang enak kalau dijadikan sate, makanya jarang jarang ada orang yang jualan sate sapi. Nah tidak sedikit keluarga yang bingung ketika mendapatkan daging sapi, terutama keluarga baru yang isinya ibu muda atau bahasa kerennya mahmud (mamah muda) yang mungkin belum begitu jago dalam mengolah masakan. Banyak sih yang jago masak, tapi itu yang sudah hobi masak sejak sebelum nikah. Tapi yang tidak hobi masak, kebanyakan bingung kalau mendapat daging sapi pada saat hari raya qurban. Nah mulai sekarang Anda tidak perlu bingung lagi, karena kali ini kita akan bersama-sama membuat RENDANG DAGING SAPI.
Kenapa saya menyebutnya "Rendang Daging Sapi", kok tidak "Rendang Daging" saja atau "Rendang"? karena ada juga yang mebuat rendang daging kambing. Dan kalau "Rendang", ada juga yang membuat rendang jengkol. Oleh karena itu saya menyebutnya Rendang Daging Sapi.
Rendang daging sapi memang sudah familiar dan tidak asing lagi karena banyaknya warung makan yang menjual rendang daging sapi. Tapi kalau Anda boleh amati dan rasakan, tidak sedikit rendang daging sapi yang rasanya keras dan alot, benar atau tidak? walaupun rasa di lidah pas, tapi teksturnya kurang enak. Nah kali ini kita akan membuat rendang daging sapi yang empuk dan tidak alot. Ternyata ada rahasianya lho, apa sih rahasianya? Baik kita simak dulu yang berikut ini tentang rahasia cara membuat daging sapi agar menjadi empuk dan tidak alot. Yang pertama yaitu:

  • Balur dengan buah nanas
  • Caranya yaitu, haluskan buah nanas yang masih muda, jangan gunakan nanas yang sudah matang apalagi pakai selai nanas. Gunakan nanas yang masih muda, kemudian haluskan dengan cara perut atau blender. Setelah nanas tersebut halus, balur hingga menutupi daging sapi. Dan perlu diingat bahwa daging sapi yang dibalur dengan nanas ini daging sapi yang masih mentah alias belum dimasak, jadi caranya daging sapi mentah jangan dipotong potong dahulu, biarkan masih gelondongan, cukup kita cuci saja hingga bersih kemudian balur pakai nanas yang sudah dihaluskan hingga tertutupu semuanya. Diamkan hingga 20 sampai 30 menit. Sambil menunggu, Anda bisa menyiapkan bahan bahan atau bumbu bumbu yang lain. Setelah daging sapi tersebut terbalur dan didiamkan, cuci bersih hingga tidak berbau nanas.
  • Balut dengan daun pepaya
  • Cara yang kedua yaitu dengan membalut daging sapi menggunakan daun pepaya. Cara inilah yang paling sering digunakan oleh orang tua orang tua dari jaman dahulu. Karena daun pepaya mudah didapat dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli daun pepaya. Terkadang kita tinggal minta saja sama tetangga sebelah yang punya pohon pepaya. Caranya sedikit berbeda dengan membalur pakai nanas, kalau menggunakan daun pepaya, daging dicuci bersih kemudian beri bumbu dahulu, bumbu yang digunakan bisa menggunakan bumbu halus sama seperti bumbu untuk memasak rendang. Jadi daging sapi tersebut diolesi bumbu terlebih dahulu hingga rata ke seluruh permukaan daging sapi, setelah itu balut dengan  daun pepaya. Diamkan selama lebih dari 45 menit. Selagi menunggu, Anda bisa menyiapkan bahan bahan dan bumbu yang lainnya.
    Seperti itulah rahasia membuat daging sapi menjadi empuk dan tidak alot, cara yang sama juga bisa diterapkan untuk daging kambing. Jadi apabila kita ingin membuat sate kambing yang empuk, ya tinggal pakai cara di atas.
Baik setelah kita membuat daging supaya empuk, selanjutnya kita tinggal menyiapkan bahan bahan untuk membuat rendang daging sapi yang empuk dan tidak alot. Nah bagaimana cara membuatnya dan apa saja bahan bahan untuk bumbunya? Langsung saja yuk kita simak yang berikut ini.

Bahan-bahan:
  • 1 kg daging sapi segar
  • 3 buah kelapa tua, parut atau giling, kemudian peras dan ambil santannya saja
  • 8 siung bawang putih
  • 15 siung bawang merah
  • 7 buah cabai merah ukuran besar
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 cm jahe
  • 1 cm kunyit
  • 1 batang serai, geprek
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 2 biji asam kandis
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 sendok teh jinten
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok makan garam
  • 3 sendok makan minyak goreng
Waduh banyak juga ya bahan bahannya, ya memang untuk membuat rasa yang lezat dan menggugah selera, memang cukup banyak bahan bahannya untuk bumbu membuat rendang.

Haluskan bahan bahan di atas yaitu: Bawang merah, bawang putih, cabai merah, lengkuas, jahe, kunyit, merica bubuk, asam kandis, kemiri, jinten, dan ketumbar.

Cara Membuat Rendang Daging Sapi:
  1. Setelah daging sapi dibalur pakai nanas atau dibalut dengan daun pepaya, panaskan air pada panci kemudian masak daging sapi hingga cukup empuk. Setetlah itu angkat dan tiriskan kemudian potong kotak kotak sebesar sesuai selera
  2. Panaskan minyak pada wajan, kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan, gunakan api sedang saja, tumis hingga berbau harum
  3. Setelah bumbu halus sudah berbau harum, masukkan daun salam dan daun jeruk sambil dioseng oseng
  4. Kecilkan api terlebih dahulu, lalu masukkan daging sapi yang sudah dipotong potong.
  5. Segera tuangkan air secukupnya sebagai kuahnya
  6. Tambahkan santan, kemudian masak menggunakan api sedang
  7. Tambahkan gula dan garam. Aduk hingga semua bumbu merata. Cicipi apakah rasanya sudah pas atau belum, jika dianggap kurang, Anda bisa menambahkan sedikit garam atau gula. Namun jika terlalu asin, Anda bisa menambahkan air.
  8. Sambil diaduk aduk, tunggu hingga airnya menyusut dan kuah berminyak serta daging benar benar matang
Nah begitulah langkah langkah membuat rendang daging sapi yang empuk. Jadi sekarang kita sudah tau kan supaya daging menjadi empuk ternyata ada caranya. Tetapi jarang orang yang tau, oleh karena itu banyak rendang daging yang rasanya enak dan lezat, itu karena ragam bumbunya, tetapi teksturnya kurang empuk dan alot ketika digigit, sehingga mengurangi kenikmatan.

Baik mungkin itu saja resep dari saya, saya ucapkan selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan. Serta membuat masakan rendang daging sapi yang Anda buat, menjadi makanan favorit keluarga Anda.
Sampai jumpa pada artikel resep resep masakan yang selanjutnya ya...
Previous
Next Post »